Kamis, 24 Mei 2012

MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW

Metode atau model pembelajaran jigsaw adalah sebuah tehnik pembelajaran kooperatif dimana siswa, bukan guru, yang memiliki tanggung jawab lebih besar dalam pelaksanaan pembelajaran. Adapun tujuan dari medel pembelajaran jigsaw ini adalah untuk mengembangkan kerja tim, ketrampilan belajar kooperatif, dan menguasai pengetahuan secara mendalam yang tidak mungkin diperoleh bila mereka mencoba untuk mempelajari semua materi sendirian.

Berikut ini adalah skenario kegiatan metode pembelajaran dengan menggunakan  model pembelajaran jigsaw.


Keterangan :
# 5" pertama, guru akan memberikan penjelasan tentang metode pembelajaran yang akan dilaksanakan termasuk bidang  studi apa yang akan menjadi pokok bahasan.
# 6" kedua, guru akan membagi siswa menjadi beberapa kelompok serta menjelaskan tugas untuk masing-masing kelompok. Kelompok ini disebut kelompok awal.
# Siswa diberi kesempatan untuk membaca materi selama 7" dan diharapkan siswa dapat menyerap informasi sebanyak-banyaknya pada kesempatan ini.
# kemudian siswa diberi Lembar Kerja (LK) dan diberi waktu 8" untuk mengerjakan lembar kerja tersebut.
# Setiap siswa dalam satu kelompok menyebar/pindah ke kelompok lain untuk mendapatkan informasi sebanyak-banyaknya mengenai materi yang dipelajari oleh kelompok lain. Siswa diberi kesempatan untuk berpindah-pindah kelompok selama 10" dan siswa diharapkan dapat menyerap dan mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya dari kelompok lain.
# Siswa kembali ke kelompok awal untuk mendiskusikan informasi yang diperoleh selama 10".
# Kemudian salah satu anggota kelompok berlatih untuk memasukkan data ke komputer dengan menggunakan program inspiration selama 20". Setelah itu siswa akan mebuat peta konsep di komputer dan kelompok lain akan memasukkan informasi ke chart yang telah disediakan. Pada tahap ini siswa diberikan waktu selama 20" untuk menyelesaikan tugasnya
# Pada 5" terakhir guru akan memberikan penguatan dari tugas yang harus dikerjakan siswa di rumah.
»»  READMORE...

MODEL PEMBELAJARAN STAD


STAD (Student Teams-Achievement Division) telah digunakan secara meluas dari tingkat sekolah dasar sampai universitas. Biasanya siswa dibagi menjadi 4 atau 5 orang dalam satu kelompok.
Model pembelajaran STAD ini berguna dalam mengkaji informasi dari pelajaran dan paling efektif ketika pertanyaan memiliki jawaban yang benar secara tunggal. Siswa mampu bekerja sama secara kooperatif.

Prosedur Pelaksanaan Model Pembelajaran STAD :
Setelah mengajar pelajaran, bagi siswa menjadi beberapa  kelompok dimana masing-masing kelompok mempunyai minimal empat orang anggota, campur-kemampuan anggota dalam satu tim. Setiap tim bekerja sama untuk memastikan bahwa setiap anggota kelompok telah menguasai informasi. Gunakan kuis/tes untuk menyampaikan  informasi, dan berikan skor individu dan tim.

 Langkah-langkah untuk proses ini adalah sebagai berikut:
  • Mengajarkan konsep / keterampilan - pemahaman cek
  • Tim studi - buat peringkat siswa dan kelompok sebagai berikut: satu orang berprestasi tinggi, berprestasi rata-rata sebanyak dua orang, dan satu orang yang berprestasi rendah; beri tim lembar kerja lengkap dan setiap anggota tim  bertanggung jawab agar semua anggota menguasai konsep
  • Uji - memeriksa pemahaman individu; memberikan nilai tim berdasarkan perbaikan dari rata-rata sebelumnya; 10 dibawah rata-rata atau lebih = 0 poin, 10 di bawah ini untuk 1 dibawah rata-rata = 10 poin; 0 sampai 10 diatas rata-rata = 20 poin; lebih dari 10 diatas rata-rata = 30 poin
  • Beri penghargaan untuk tim dengan skor tertinggi
Memberikan skor tim di samping nilai individu dapat memotivasi tim untuk membuat semua anggota tim memahami informasi yang telah disampaikan.

Cara Memberikan Penilaian
Gunakan diskusi, kuis, dan tes untuk memastikan tingkat pemahaman. Diskusi dapat digunakan untuk menentukan tingkat pemahaman siswa dengan menilai tanggapan mereka setelah membaca. Mendorong tanggapan dari siswa yang muncul dari tugas. Siswa benar-benar harus merespon 80% dari pertanyaan selama diskusi atau yang diberikan pada kuis atau tes
»»  READMORE...

MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI


Model pembelajaran yang digunakan untuk menyampaikan setiap pokok bahasan dipengaruhi oleh berbagai faktor, diantaranya: peserta didik, tujuan yang akan dicapai, situasi pembelajaran, fasilitas yang tersedia dan guru. Salah satu model pembelajaran yang dapat diterapkan adalah model pembelajaran inkuiri
Model Pembelajaran inkuiri adalah model penemuan yang dirancang guru sesuai kemampuan dan tingkat perkembangan intelektual peserta didik, mengurangi ketergantungan kepada guru dan memberi pengalaman seumur hidup. Penemuan sering dikaitkan dengan inkuiri. Penemuan boleh diartikan sebagai proses mental mengasimilasikan konsep dan prinsip. Penemuan berlaku apabila seseorang itu menggunakan proses mental dalam usaha mendapatkan satu konsep atau prinsip.
Model pembelajaran inkuiri  menggunakan pendekatan pembelajaran yang melibatkan proses penelitian. penelitian ini didorong oleh pertanyaan demi pertanyaan dan membuat penemuan dalam usaha mencari kefahaman atau jawaban yang baru. Model pembelajaran inkuiri ini didorong oleh sifat ingin tahu dan keinginan memahami sesuatu ataupun menyelesaikan masalah.
Proses model pembelajaran inkuiri ini bermula dari satu perhatian  dan minat atas sesuatu yang menarik dan seterusnya akan muncul banyak pertanyaan atas minat tersebut. Fenomena yang diperhatikan biasanya tidak mempunyai kaitan dengan pengalaman maupun pemahaman dari para siswa. Sifat ingin tahu seterusnya merangsang tindakan untuk melakukan penelitian, pertanyaan, ramalan, hipotesa, dan konsep awal.
»»  READMORE...

MACAM-MACAM MODEL PEMBELAJARAN TERBARU


Pembelajaran merupakan suatu cara dan sebuah proses hubungan timbal balik antara siswa dan guru yang sama-sama aktif melakukan kegiatan.
 

Berikut ini adalah macam-macam model pembelajaran yang terbaru yaitu :

# MODEL CERAMAH
Adalah sebuah model pembelajaran dengan menyampaikan informasi dan pengetahuan secara lisan kepada sejumlah siswa yang pada umumnya mengikuti secara pasif. Model pembelajaran ini bisa dikatakan sebagai model pembelajaran yang paling ekonomis dalam menyampaikan informasi serta paling efektif dalam mengatasi kelangkaan literatur.

# MODEL DISKUSI
Model pembelajaran diskusi merupakan model pembelajaran yang sangat berkaitan dengan pemecahan masalah. Model pembelajaran ini sering disebut sebagai diskusi kelompok dan resitasi/pelafalan bersama.

# MODEL DEMONSTRASI
Adalah model pembelajaran dengan cara memperagakan benda, kejadian, aturan, dan urutan melakukan suatu kegiatan, baik secara langsung maupun melalui penggunaan media pengajaran yang relevan dengan pokok bahasan atau materi yang sedang disajikan.

# MODEL CERAMAH PLUS
Model pembelajaran ceramah plus adalah model pembelajaran yang menggunakan lebih dari satu model, yakni model ceramah yang dikombinasikan dengan model yang lain. Terdapat 3 jenis model pembelajaran ceramah plus, yaitu: model ceramah plus tanya jawab dan tugas, model ceramah plus diskusi dan tugas, dan model ceramah plus demosntrasi dan latihan.

# MODEL RESITASI
Model pembelajaran resitasi adalah suatu model pembelajaran yang mengharuskan siswa membuat resume dengan kalimat sendiri.

# MODEL EKSPERIMENTAL
Sering juga disebut sebagai model pembelajaran percobaan. Model pembelajaran ini merupakan model pembelajaran dengan metode pemberian kesempatan kepada para peserta didik perorangan atau kelompok untuk dilatih melakukan suatu proses atau percobaan. Model pembelajaran ini menggunakan alat tertentu dan dilakukan lebih dari 1 kali.

# MODEL TEILEREN
Merupakan model pembelajaran dengan cara memberikan materi secara bertahap/sebagian-sebagian. Misalnya paragraf per paragraf kemudian dilanjutkan lagi dengan paragraf lainnya yang tentu saja berkaitan dengan masalahnya.

# MODEL GLOBAL (GANZE MODEL)
 Merupakan suatu model pembelajaran dengan meminta peserta didik membaca keseluruhan materi kemudian membuat resume atau kesimpulan dari apa yang mereka baca.
»»  READMORE...

MODEL PEMBELAJARAN INOVATIF


Model pembelajaran inovatif merupakan salah satu model pembelajaran yang patut dipertimbangkan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dalam lingkungan keluarga. Model pembelajaran inovatif ini berciri antisipasi dan partisipasi, menyeimbangkan antara kegiatan penyadaran dengan kegiatan pemberdayaan,antara pembentukan otonomi dengan pembentukan integrasi setiap anak.
Beberapa model pembelajaran inovatif telah dikembangkan untuk memacu siswa berperan aktif dalam setiap pembelajaran. Siswa diharapkan mampu dan mau meberikan pendapatnya.  Model pembelajaran inovatif menuntut siswa untuk terlibat saling tukar pikiran, berkolaborasi dan berkomunikasi untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diinginkan sehingga diharapkan siswa mampu mngembangkan kemampuan komunikasi mereka.
Salah satu contoh penerapan model pembelajaran inovatif adalah dengan cara membuat cerita digital dalam kegiatan belajar mengajar sehingga dapat memberi kesempatan kepada siswa untuk mendapatkan ketrampilan , kreativitas dan daya cipta, kecerdasan ganda, pemikiran tingkat tinggi, literasi informasi, literasi visual, literasi suara, literasi teknologi, berkomunikasi efektif, bekerja dalam tim dan berkolaborasi serta memperkuat pemahaman.
Berbagai skenario kegiatan dapat kita rancang untuk membawa penceritaan digital ini ke dalam kurikulum dan kegiatan belajar mengajar. Penceritaan digital ini juga tidak sekedar cocok untuk pelajaran seni rupa atau bahasa saja. Namun dapat diintegrasikan dala mata pelajaran umum ataupun tematis. Guru dapat mengajak siswa membuat presentasi multimedia yang menjelaskan tentang kondisi ekonomi  di lingkungan sekitarnya atau bisa juga meminta siswa untuk membuat cerita bergambar tentang apa yang mereka ketahui tentang pemanasan global, atau bahakan membuat video iklan layanan masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan.
»»  READMORE...

METODE PEMBELAJARAN DENGAN BERMAIN PERAN

Pembelajaran dengan metode bermain peran adalah pembelajaran dengan cara seolah-olah berada dalam suatu situasi atau menirukan suatu pebuatan untuk memperoleh suatu pemahaman tentang suatu konsep. Peniruan tersebut hanya bersifat pura-pura, namun dapat memperjelas materi pelajaran yang bersangkutan. Bentuk simulasi dapat berupa role playing (bermain peran), sosiodrama, atau permainan.

    Tujuan Penggunaan Metode bermain peran di antaranya :
  1. Agar menghayati suatu kejadian atau hal yang sebenarnya terdapat dalam realita kehidupan
  2.  Agar memahami sebab akibat suatu kejadian
  3. Sebagai penyaluran/pelepasan ketegangan dan perasaan tertentu
  4. Sebagai alat mendiagnosa keadaan, kemampuan dan kebutuhan siswa
  5. Pembentukan konsep diri (self concept)
  6. Menggali peran-peran seseorang dalam suatu kehidupan kejadian dan keadaan
  7. Menggali dan meneliti nilai-nilai atau norma-norma dan peran budaya dalam kehidupan
  8. Membantu siswa dalam mengklasifikasikan atau memperinci, memperjelas pola berpikir, berbuat dan memiliki keterampilan dalam membuat atau mengambil keputusan menurut caranya sendiri
  9. Alat hubung untuk membina struktur sosial dan sistem nilai lingkunganya
  10. Membina kemampan siswa dalam memecahkan masalah, berpikir kritis analitis berkominkasi, hidup dalam kelompok dan lain-lain
  11. Melatih siswa dalam mengemdalikan dan memperbaharui perasaan, cara berpikirnya dan perbuatannya.
    Manfaat Penggunaan Metode bermain peran di antaranya :
  1. membantu siswa menemukan makna dirinya dalam kelompok
  2. membantu siswa memecahkan persoalan pribadi dengan bantuan kelompok
  3. memberi pengalaman bekerjasama dalam memecahkan masalah
  4. memberi siswa pengalaman mengembangkan sikap dan keterampilan memecahkan masalah 

 Terdapat tiga hal yang menentukan kualitas dan keefektifan bermain peran sebagai model pembelajaran, yakni:
  1. kualitas pemeranan,
  2. analisis dalam diskusi
  3. pandangan peserta didik terhadap peran yang ditampilkan dibandingkan dengan situasi kehidupan nyata
Menurut Shaftel (1967) mengemukakan sembilan tahap bermain peran yang dapat dijadikan pedoman dalam pembelajaran yaitu :
  1. menghangatkan suasana dan memotivasi peserta didik
  2. memilih partisipan/peran
  3. menyusun tahap-tahap peran
  4. menyiapkan pengamat
  5. pemeranan
  6. diskusi dan evaluasi
  7. pemeranan ulang
  8. diskusi dan evaluasi tahap dua
  9. membagi pengalaman dan mengambil kesimpulan
»»  READMORE...

Senin, 21 Mei 2012

ALBERT EINSTEIN

          14 Maret 187918 April 1955) adalah seorang ilmuwan fisika teoretis yang dipandang luas sebagai ilmuwan terbesar dalam abad ke-20. Dia mengemukakan teori relativitas dan juga banyak menyumbang bagi pengembangan mekanika kuantum, mekanika statistik, dan kosmologi. ( Dia dianugerahi Penghargaan Nobel dalam Fisika pada tahun 1921 untuk penjelasannya tentang efek fotoelektrik dan “pengabdiannya bagi Fisika Teoretis”.
      Setelah teori relativitas umum dirumuskan, Einstein menjadi terkenal ke seluruh dunia, pencapaian yang tidak biasa bagi seorang ilmuwan. Di masa tuanya, keterkenalannya melampaui ketenaran semua ilmuwan dalam sejarah, dan dalam budaya populer, kata Einstein dianggap bersinonim dengan kecerdasan atau bahkan jenius. Wajahnya merupakan salah satu yang paling dikenal di seluruh dunia.
Pada tahun 1999, Einstein dinamakan “Tokoh Abad Ini” oleh majalah Time. Kepopulerannya juga membuat nama “Einstein” digunakan secara luas dalam iklan dan barang dagangan lain, dan akhirnya “Albert Einstein” didaftarkan sebagai merk dagang.
Untuk menghargainya, sebuah satuan dalam fotokimia dinamai einstein, sebuah unsur kimia dinamai einsteinium, dan sebuah asteroid dinamai 2001 Einstein. Rumus Einstein yang paling terkenal adalah  E = m.c²
»»  READMORE...

ERNEST RUTHERFORD (1871-1937)


    Ernest Rutherford dilahirkan di Nelson, New Zealand dan mendapat pendidikan di University of New Zealand dan University Of Cambridge. Beliau telah menjadi pemenang Anugerah Nobel untuk teorinya tentang stuktur atom. Beliau ialah seorang proffesor fisik di University McGill di Montreal dari tahun 1898 sahingga 1907 dan di University Of Manchester, England pada 12 tahun berikutnya. Sejurus selepas penemuan radioaktif pada tahun 1896 oleh seorang ahli fisik Francis,Antoine Henry Becquerel, Ernest Rutherford mengenal pasti tiga komponen utama radiasi dan menamakan mereka alpha, beta dan gamma rays. Dalam tahun 1919, Rutherford menjalankan satu eksperimen yang penting dalam nuclear fisik apabila beliau membuat pemadatan gas nitrogen dengan alpha particles dan menjumpai atom dari oksigen, isotop dan proton. Ini menggerakkkan lagi penyelidikan yang intensif bagi sainstis-sainstis selepasnya berhubung dengan pemindahan nuclear pada alam semulajadi dan properties radiasi. Rutherford dan ahli fisik British Frederick Soddy menggambarkan penerangan tentang radiasi bagi penerimaan sainstis hari ini. Rutherford telah dilantik sebagai salah seorang ahli dari Royal Society pada tahun 1903 .Pada tahun 1911, Ernest telah berjaya menemui zarah bercas positif yang dipanggil PROTON. Beliau telah mengemukakan model atomnya yang menyatakan bahawa hampir semua jisim atom tertumpu dalam satu kawasan yang sangat kecil, berat dan bercas positif . Kawasan ini dipanggil nukleus dan nukleus hanya mengandungi Proton saja. Teori ini juga menyatakan bahawa bilangan proton adalah sama dengan bilangan elektron. Ernest juga menyatakan bahawa kebanyakan bagian dalam atom merupakan RUANG KOSONG. Apa yang penting dalam teori ini ialah elektron bergerak dengan cepat mengelilingi nukleus pada jarak yang berlainan .
»»  READMORE...

Malam

malam ini seperti nya menyedihkan
malam ini bukan sahabat sejatiku
malam ini tidak mengerti keadaanku 
kau hanyalah malam yang tak berguna

ku lambaikan tangan dengan hati yang cemas
ku lambaikan senyuman dengan perasaan pasrah 
kau menghilang di kegelapan malam 
kau pergi tanpa tujuan pasti


biarlah ku kubur cinta ini dalam hati 
biar ku sampaikan cinta ini lewat senyum 
biarlah semuanya hanya masa lalu 
dan tidak kan ku kenang dirimu dalam benakku

semoga malam yang seperti ini tidak kan terulang kembali
catatan terindah ini akan membawaku kembali ke masa lalu 
kau embun yang tak pernah mengerti sang mentari
kau cahaya yang tak pernah mengerti kegelapan malamku













»»  READMORE...

Kelelawar Vampir Juga Bisa Berlari

    Selama ini kelelawar dikenal sebagai hewan yang bisa terbang dan menghisap darah. Tapi, kelelawar penghisap darah ini juga memiliki kemampuan untuk berlari di atas tanah. Ini menjadikan kelebihan bagi kelelawar vampirdalam mengincar mangsanya.
            Penelitian juga menemukan kalau kelelawar ini bisaberlari dengan empat ‘kaki’, yang terdiri dari dua kaki dan dua tangan yang bisa dikembangkan menjadi sayap.
            Kelelawar merupakan satu-satunya mamalia yang bisaterbang. Selama ini, peneliti berpikir kelelawar berhenti berlari sejak lama, sebagai hasil dari proses evolusi yang dilakukan. Andai terlihat seperti berlari, itu pun hanya seperti ikan yang ‘melompat’ keluar dari air.
            Peneliti dari Cornell University, Daniel Riskin, mengatakan kemampuan kelelawar vampir ini berguna untuk mengejar hewan yang tergolong kecil. Jenis hewan ini adalah hewan cepat yang tak duduk, termasuk saat makan.
            Masalahnya, secara umum kelelawar vampir ini sudah jarang mengejar hewan kecil. Sebagai gantinya, kelelawar vampir ini lebih memilih hewan ternak, terutama yang tersebar dari Meksiko hingga Argentina dan Chili, dalam beberapa ratus tahun terakhir.
            Di laboratorium, Riskin mengatakan, kelelawar vampir ini menjadikan semua hewan sebagai mangsa yang dihisapnya. Namun, di alam bebas, kelelawar ini lebih memilih sapi. Biasanya, sapi-sapi ini diincar pada malam hari, yang merupakan waktu tidur untuk hewan ternak.
“Sapi merupakan mangsa yang termuda,” ucap Riskin, seperti dikutip dari laman Live Science.
            Kemampuan berlari kelelawar vampir ini tidak begitu berguna untuk menyergap sapi tidur. Ini juga yang menyebabkan peneliti tidak memperhatikan mengenai kemampuan berlari kelelawar ini.
            Peneliti telah mengetahui bahwa kaki kelelawar vampir lebih kuat dibanding jenis kelelawar lain. Kekuatan kaki ini yang menyebabkan kelelawar ini juga mampu merayap dan melompat. Seperti yang dimuat di jurnal Nature 17 Maret lalu, Riskin menulis: “Kelelawar vampir (Desmodus rotundus) bisa berjalan maju, menyamping, mundur, dan mulai terbang dengan lompatan vertikal.”
            Melihat kemampuan itu, peneliti pun lalu menguji kemampuan berlari kelelawar dan berupaya mendokumentasikannya. Kelelawar itu kemudian ditempatkan di sebuah sangkar Plexiglas dengan sebuah treadmill.
            Dalam kecepatan awal, kelelawar ini berjalan dengan kecepatan yang sama seperti tikus. Namun, saat treadmill terus berjalan, kelelawar itu pun ikut menambah kecepatannya. Tercatat setidaknya kelelawar ini memiliki kemampuan berlari 2,7 mil per jam (atau 1,2 meter per detik).
            “Kelelawar yang memiliki sedikit ruang untuk manuver bisa bergerak dua kali lebih cepat,” kata Riskin. Ini berarti, kelelawar vampir bisa mencapai kecepatan 5,4 mil per jam (atau 2,4 meter per detik).
 Peneliti menyebut kemampuan gerak kelelawar itu berlari. Sebab, “itu memiliki fase aerial.” Dengan kemampuan gerak yang hanya digunakan untuk memangsa ternak, Riskin kemudian menganggap kelelawar berevolusi terlalu cepat. “Seperti mereka didesain untuk mengejar mobil balap, namun mereka menggunakannya untuk mengejar bus sekolah.”
            Walau memiliki tubuh hanya seukuran jempol orang dewasa, namun bentangan kelelawar vampir bisa mencapai 8 inci. Selama ini, kelelawar vampir menjadikan kuda, babi, juga burung sebagai mangsa. Namun, jenis Desmodus rotundus lebih doyan memangsa sapi.
            Kelelawar merupakan hewan yang memiliki sensor panas untuk mengetahui letak nadi. Karena itu, dengan giginya yang tajam, darah pun secara otomatis terhisap, tanpa harus disedot secara mendalam.
»»  READMORE...

Mau Tahu Semua Tentang Udang?? Kandungan Nutrisi, Manfaat, dan MITOS Udang + Vitamin C

Udang sangat cocok dimakan setelah olahraga atau latihan karena merupakan sumber protein yang padat nutrisi dan sangat rendah lemak. Kolesterol yang terkandung dalam udang sangat dibutuhkan untuk keseimbangan homocysteine bagi Anda yang aktif berolahraga, khususnya olah raga angkat beban. Homocysteine pada dasarnya adalah keseimbangan hormon yang dibutuhkan untuk pertumbuhan setiap sel tubuh, terutama sel pada otot.
 Udang juga mengandung antioksidan yang cukup kuat, yaitu selenium yang dapat melindungi risiko kebotakan dan kanker. Juga sangat berguna untuk sintesa hormon thyroid, suatu hormon yang jika levelnya sangat rendah bisa menimbulkan obesitas atau pertumbuhan sel yang tidak normal. Udang juga sudah terkenal di dalam pengobatan tradisional cina untuk menambah darah, meningkatkan kesuburan dan kekuatan tulang. Semua ini karena kandungan vitamin B12 dan vitamin D nya tinggi. Udang juga mengandung asam lemak omega-3 yang punya manfaat sangat banyak.
Mulai dari membuat awet muda, melindungi dinding pembuluh darah dari kerusakan akibat radikal bebas, anti-radang, mencegah terjadinya darah yang menggumpal, dan oksidasi koresterol jahat yang merupakan penyebab utama dari penyakit jantung.

KandunganNutrisi Udang
Nilai proteinnya dikategorikan complete protein karena kadar asam amino yang tinggi, berprofil lengkap dan sekitar 85-95 persennya mudah dicerna tubuh. 100 gr udang mentah mengandung 20,3 gr protein atau cukup untuk memenuhi kebutuhan protein harian sebanyak 41 %. Profil asam amino udang (per 100 gr) berturut-turut yang termasuk tinggi adalah asam gulamat (3465 mg), asam aspartat (2100 mg), arginine (1775 mg), lysine (1768 mg), leucine (1612 mg), glycine (1225 mg), isoleucine (985 mg), dan valine (956 mg). Artinya, udang sangat cocok dikonsumsi bagi mereka yang membutuhkan protein untuk membentuk otot.

Kalori energi udang yang sangat rendah (hanya 106 kalori per 100 gr udang) menjadikannya salah satu makanan diet yang sangat baik. Udang juga hanya mengandung sedikit asam lemak jenuh. Bahkan seperti halnya makanan laut lain, kadar asam lemak sehat pada udang justru sangat tinggi yaitu Omega-3 dan Omega-6 masing-masing mencapai 540 mg dan 28 mg per 100 gr udang segar.
Memang kandungan kolsterol udang cukup tinggi yaitu 152 mg per 100 gr udang segar. Namun hampir sama halnya seperti tuna dan makanan laut lain, segala manfaat nutrisi udang akan mengalahkan efek-efek negatifnya. Asam lemak esensial yang dikandung udang mampu meningkatkan kadar HDL (kolesterol baik) serta menurunkan LDL (kolesterol jahat) dan trigliserida dalam darah sehingga baik bagi kesehatan kardiovaskular.

Berbagai vitamin baik jenis larut air dan lemak juga sangat tinggi pada udang sehingga sangat baik dikonsumsi. Kandungannya yang tertinggi berturut-turut sesuai dengan persentase kebutuhan harian (daily value) adalah vitamin D (38%), vitamin B12 (19%), Niacin (13%), vitamin E (5%), vitamin B6 (5%), vitamin A (4%), vitamin C (3%), dan lain-lain.
Udang juga mengandung berbagai mineral yang penting bagi tubuh. Seperti yang sudah diketahui, mineral dari bahan makanan laut lebih mudah diserap tubuh dibandingkan yang berasal dari kacang-kacangan dan serealia. Mineral selenium dalam 100 gr udang segar cukup untuk memenuhi 54% kebutuhan harian, disusul fosfor (20%), besi dan tembaga (masing-masing 13%), magnesium (9%), zinc (7%), sodium (6%), potassium dan kalsium (masing-masing 5%), serta berbagai mineral penting lainnya.

Mitos Mengkonsumsi udang bersamaan dengan Vitamin C
Banyak sekali mitos yang beredar tentang bahaya mengkonsumsi udang dengan Vitamin C, apalagi di dunia informasi yang sebelumnya dihebohkan dengan berita ini, ternyata ini hanya sebuah mitos,
Menurut Dr dr Aru Sudoyo, SpPD, dari Sub bagian Hematologi-Onkologi Medik Bagian Ilmu Penyakit Dalam FKUI/RSCM, "Masyarakat seharusnya tahu bahwa yang ada di internet tidak selalu benar, cerita tentang orang yang keracunan gara-gara makan udang dan vitamin C itu sama sekali takhyul dan tidak benar."
Menurutnya, saat ini sejumlah produk perikanan, termasuk udang dan kerang memang diindikasikan terkontaminasi logam berat dan zat kimia lainnya akibat pencemaran. Namun kandungan logam berat dalam produk perikanan tersebut tidak secara langsung akan menyebabkan seseorang keracunan, demikian pula halnya jika meminum vitamin C setelahnya.
"Secara kimiawi tidak mungkin udang dan vitamin C akan bereaksi seperti itu. Jika memang ada peristiwa seperti yang diceritakan dalam email itu, seharusnya orang tersebut diotopsi sehingga diketahui penyebab pastinya, bisa saja karena penyakit jantung," tandasnya.
Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa dampak makanan laut yang tercemar terhadap kesehatan tubuh tidak akan bersifat langsung dan akut. Sementara itu konsumsi vitamin C yang dianjurkan setiap harinya adalah sekitar 100 mg/hari. "Jika berlebihan tidak ada gunanya, malah bisa menyebabkan batu pada ginjal karena air seni jadi terlalu asam," paparnya. Jadi, silakan saja mengonsumsi udang , ditambah satu tablet vitamin C pun tidak masalah.Dengan informasi ini diharapkan orang pecinta udang sekaligus jeruk dapat tersenyum

»»  READMORE...

Ruang Lingkup Sains

             Apa yang dimaksud dengan sains? Jawaban untuk pertanyaan ini akan sangat beragam, termasuk jawaban dari para ilmuwan sendiri. Namun, bagi seorang guru sains jawabannya akan sangat berarti, karena selain menunjukkan apa yang dia pahami juga akan mempunyai pengaruh yang menentukan terhadap apa yang dia ajarkan pada siswa, bagaimana cara dia mengajarkannya di kelas serta apa yang dia harapkan dari siswa melalui evaluasi/penilaian. Sebagai ilustrasi rangkuman riset tentang pengajaran sains yang dilakukan oleh Hodson (1993) menunjukkan hal yang menarik. Temuan riset tentang pemahaman siswa akan sains dalam satu kelas biasanya selalu konsisten, sedangkan pada siswa lain kelas sangat jauh berbeda, yang jelas menunjukkan bahwa pemahaman siswa tentang sains sangat dipengaruhi oleh pengalaman belajar yang ditentukan oleh pandangan guru tentang sains. Pada riset lain ditemukan, siswa-siswa dari tiga sekolah yang berbeda walaupun diajari materi pelajaran yang sama namun diberikan oleh guru yang berbeda menghasilkan pemahaman siswa yang beragam, hal ini terjadi karena pemahaman, cara mengajar dan perbedaan pandangan dari guru-guru sains yang juga berbeda-beda. Singkatnya hal ini menyimpulkan bahwa konsepsi siswa tentang sains sangat dipengaruhi oleh pandangan guru tentang sains.
            Secara sederhana sains dapat berarti sebagai tubuh pengetahuan (body of knowledge) yang muncul dari pengelompokkan secara sistematis dari berbagai penemuan ilmiah sejak jaman dahulu, atau biasa disebut sains sebagai produk. Produk yang dimaksud adalah fakta-fakta, prinsip-prinsip, model-model, hukum-hukum alam, dan berbagai teori yang membentuk semesta pengetahuan ilmiah yang biasa diibaratkan sebagai bangunan dimana berbagai hasil kegiatan sains tersusun dari berbagai penemuan sebelumnya. Sains juga bisa berarti suatu metoda khusus untuk memecahkan masalah, atau biasa disebut sains sebagai proses. Metoda ilmiah merupakan hal yang sangat menentukan, sains sebagai proses ini sudah terbukti ampuh memecahkan masalah ilmiah yang juga membuat sains terus berkembang dan merevisi berbagai pengetahuan yang sudah ada.
            Selain itu sains juga bisa berarti suatu penemuan baru atau hal baru yang dapat digunakan setelah kita menyelesaikan permasalahan teknisnya, yang tidak lain biasa disebut sebagai teknologi. Teknologi merupakan suatu sifat nyata dari aplikasi sains, suatu konsekwensi logis dari sains yang mempunyai kekuatan untuk melakukan sesuatu. Sehingga biasanya salah satu definisi popular tentang sains termasuk juga teknologi di dalamnya. Aspek-aspek lain dari sains dari kemungkinan lainnya pada jawaban pertanyaan di atas adalah: dampak sains melalui teknologi terhadap masyarakat, sifat sains yang terus berkembang, tujuan akhir dari sains, karakteristik seorang ilmuwan dan lainnya.
            Sejarah perkembangan sains menunjukkan bahwa sains berasal dari penggabungan dua tradisi tua, yaitu tradisi pemikiran filsafat yang dimulai oleh bangsa Yunani kuno serta tradisi keahlian atau ketrampilan tangan yang berkembang di awal peradaban manusia yang telah ada jauh sebelum tradisi pertama lahir. Filsafat memberikan sumbangan berbagai konsep dan ide terhadap sains sedangkan keahlian tangan memberinya berbagai alat untuk pengamatan alam. Selanjutnya, sains modern bisa dikatakan lahir dari perumusan metoda ilmiah yang disumbangkan Rene Descartes yang menyodorkan logika rasional dan deduksi serta oleh Francis Bacon yang menekankan pentingnya eksperimen dan observasi.
Sumbangan konsep dan ide dalam sains terbukti telah banyak mengubah pandangan manusia terhadap alam sekitarnya. Contoh yang paling terkenal adalah teori relativitas dari Albert Einstein. Teori relativitas umum ini misalnya telah mengubah pandangan orang secara drastis akan sifat kepastian waktu serta sifat massa yang dianggap tetap. Disamping kekuatan konsep dan ide, melalui keampuhan alat dan telitinya pengamatan, kegiatan sains juga terbukti menjadi pemicu berbagai revolusi ilmiah. Pengamatan bintang-bintang oleh Edwin Hubble melalui teleskop di Gunung Wilson pada tahun 1920-an misalnya, membawa beberapa implikasi seperti adanya galaksi lain selain Bimasakti dan adanya penciptaan alam semesta secara ilmiah dengan makin populernya teori ledakan besar (Big Bang).
Teori-teori dalam sains terus berkembang dengan pesatnya, menggantikan berbagai teori yang ternyata terbukti salah setelah melalui konfirmasi percobaan ataupun memperbaiki dan melengkapi teori yang telah ada sebelumnya. Suatu teori adalah suatu konstruksi yang biasanya dibuat secara logis dan matematis yang bertujuan untuk menjelaskan fakta ilmiah tentang alam sebagai mana adanya. Suatu teori yang baik harus mempunyai syarat lain selain dapat menjelaskan, yaitu dapat memberikan adanya prediksi; contohnya dengan pertanyaan: Bila saya melakukan hal ini apa yang terjadi? Sebagai contoh, teori kuno yang menyatakan alam ini terdiri dari empat unsur yaitu tanah, udara, api dan air memenuhi syarat dapat menjelaskan komposisi alam, namun gagal bila mencoba memperkirakan dari mana semua unsur itu berasal dan bagaimana interaksinya dalam mahluk hidup misalnya. Sedangkan teori relativitas umum dari Einstein selain bisa menjelaskan bagaimana gaya gravitasi bekerja dan pergerakan benda langit secara tepat dibanding hukum gravitasi Newton, ternyata juga bisa memprediksikan adanya pembelokan cahaya bintang oleh matahari karena kuatnya gaya gravitasi dan hal itupun telah sukses dibuktikan.
Namun terkadang teori juga tidak bisa berbuat banyak karena konsekuensinya terlalu rumit bahkan untuk sekedar diramalkan. Untuk mengatasi hal ini para ilmuwan mengembangkan apa yang disebut dengan model. Model merupakan penyederhanaan dari suatu teori yang menjelaskan alam semesta misalnya secara lebih mudah akan satu aspek tertentu, namun menghilangkan aspek lainnya. Model berguna karena perilakunya yang cukup sederhana untuk dipahami dan diramalkan, walaupun terkadang model bisa menjadi tidak terlalu berguna karena banyak hal tidak berhubungan langsung dengan kenyataannya. Model atom merupakan salah satu contoh keterbatasan model yang terjadi dalam sejarah ilmu pengetahuan modern yang biasa disampaikan pada siswa pada pelajaran kimia dan fisika. Dimulai dengan model atom seperti bola yang dikemukakan oleh John Dalton. Model bola pada abad ke-19 direvisi oleh J.J. Thomson dari penelitiannya tentang sinar katoda, dia mengusulkan model atom berbentuk seperti roti kismis dimana bola bermuatan positif (roti) yang ditempeli oleh electron (kismis) yang bermuatan negatif. Awal abad ke-20, Rutherford mengusulkan model bahwa atom hampir mirip ruang kosong dengan inti yang merupakan pusat masa berisi proton dengan elektron berada pada orbit (tidak menempel seperti kismis seperti pada model Thomson) berdasarkan percobaannya yang menembakkan sinal alfa pada lempeng emas; lalu dikembangkan lagi oleh Bohr dengan model atom mekanika gelombang dimana orbit menjadi orbital dan kemudian hilangnya sifat partikel dari elektron dan lebih bersifat gelombang.
Perkembangan teori atom memberikan kita contoh nyata tentang tentatifnya suatu teori dalam ilmu pengetahuan. Mengapa hal ini bisa terjadi? Hal ini disebabkan karena teori-teori atau hukum-hukum alam dalam sains adalah suatu generalisasi atau ekstrapolasi dari pengamatan, dan bukan pengamatan itu sendiri. Sedangkan pengamatan itu sendiri selalu tidak akurat atau tidak menjelaskan semua aspek yang seharusnya diamati. Apa yang dijelaskan dengan model atom Thomson contohnya, hanya berdasar pengamatan dari percobaan sinar katoda saja; model ini direvisi oleh Rutherford setelah dia membuktikan keberadaan inti. Sehingga unsur ketidakpastian dan kerelatifan menjadi hal yang penting dalam ilmu pengetahuan modern yang membuatnya terus berkembang.
»»  READMORE...

Sabtu, 05 Mei 2012

Pengertian Sains

Apakah Sains Itu?
Dalam cuaca yang dingin dan langit tak berawan, pada tanggal 28 Januari 1986, dari Tanjung Canaveral, Florida, Amerika Serikat, diluncurkan sebuah pesawat ulang-alik. Diantara tujuh awak pesawat tersebut,salah satu yang ikut mengangkasa adalah Christa McAuliffe, seorang guru sekolah dasar dari daerah New England yang terpilih untuk menjadi “Guru di Ruang Angkasa”, suatu program khusus dari NASA untuk mendorong daya tarik siswa sekolah tentang sains dan teknologi. Challenger space shuttle menghidupkan dua roket pendorong untuk mulai mengangkasa, meninggalkan asap gelap di tempat peluncuran, bergerak ke arah timur di atas Samudera Atlantik dengan suara yang menggelegar. Suatu peluncuran yang sempat tertunda empat kali karena rendahnya suhu musim dingin.
Namun, tujuh puluh dua detik kemudian dua roket pendorong terlihat bergerak ke arah yang berbeda. Pada detik ke tujuh puluh tiga tangki bahan bakar yang ternyata bocor melepaskan hidrogen cair ke udara, yang dengan seketika meledakkan seluruh bagian pesawat ulang alik. Awan ledakan dan asap kebakaran terbentuk di angkasa. Beberapa detik kemudian berbagai serpihan Challenger berhamburan, dan semua awak pesawat dinyatakan meninggal dunia seketika. Peristiwa yang disiarkan langsung oleh televisi ini dan juga disiarkan berulang kali, menjadikan hal ini salah satu bencana teknologi yang disaksikan oleh banyak orang dalam sejarah manusia.
Komisi penyelidik yang terdiri dari para pakar dan ilmuwan yang dianggap netral dibentuk untuk meneliti kejadian tersebut oleh Presiden Reagan. Salah satu anggotanya adalah Richard P. Feynman, doctor fisika peraih hadiah nobel yang juga dosen di California Institute of Technology (Caltech). Setelah ditunjuk, Feynman mengumpulkan berbagai data dan informasi tentang peluncuran pesawat ulang alit, mesinnya, serta roket pendorong; salah satu yang terungkap adalah bahwa pada setiap peluncuran selalu terdapat resiko yang menyertainya. Kecurigaan akhirnya di arahkan pada bagian roket pendorong pesawat ulang alik. Roket pendorong dibuat secara bersusun karena sangat panjang, yang tiap bagian susunannya dihubungkan dengan pin yang terkunci rapat untuk mencegah timbulnya kebocoran bahan bakar keluar dari kedua roket pendorong. Sepasang ring berbentuk seperti hurup O yang bahan dasarnya dari karet, dengan ketebalan setengah sentimeter, mengelilingi roket sepanjang 12 meter (diameter roket) dipasang di sekitar pin untuk membuat tidak lepas dan terus melekat pada pin.

Untuk menjelaskan dugaannya, pada suatu konferensi press Komisi Penyelidik Challenger, Feynman menyiapkan air es yang suhunya sekitar OoC sesuai dengan suhu kondisi cuaca saat peluncuran Challenger, satu contoh ring terbuat dari karet dan klem, alat penjepit yang digunakan untuk memberikan tekanan. Di hadapan kamera televisi, dia memperagakan satu percobaan fisika sederhana: mencelupkan ring karet ke dalam air es beberapa saat, kemudian mengangkatnya dan memasangnya pada klem untuk diberi tekanan. Feynman kemudian berkata “Setelah saya mencelupkan ring ini ke dalam air es, saya menemukan bahwa ketika diberikan tekanan sebentar saja pada ring karet itu, kemudian melepaskannya lagi, ring karet ternyata tidak kembali ke bentuk semula. Saya percaya hal ini mempunyai sumbangan penting terhadap masalah kita”. Penelitian lanjutan membenarkan percobaan sederhana Feynman, ke-tidak-elastis-an ring karet memang menjadi penyebab bocornya hidrogen cair dari roket pendorong yang akhirnya meledakkan Challenger. Komentar atas demonstrasi Feynman tersebut pun bermunculan, salah satunya: “Masyarakat melihat dengan sendirinya bagaimana sains telah sukses, bagaimana seorang ilmuwan berpikir dan memperagakan hipotesa dengan tangannya; bagaimana alam akan memberikan jawaban yang jelas ketika seorang ilmuwan bertanya dengan pertanyaan yang tepat” kata Freeman Dyson.
            Peristiwa di atas selain menggambarkan salah satu produk mutakhir pencapaian sains dan teknologi, yaitu pesawat ulang alik Challenger, juga jelas menunjukkan kekuatan sains sebagai metoda pemecahan masalah atas musibah yang dialaminya.
»»  READMORE...